Sabtu, 30 April 2011


PENDAHULUAN


Strategi pembelajaran bahasa Arab telah mendapatkan perhatian dari pakar pembelajaran bahasa dengan melakukan berbagai kajian dan penelitian untuk mengetahui efektifitas dan kesuksesan barbagai strategi pembelajaran. Hal yang tidak kalah penting untuk mendapatkan perhatian juga adalah pendekatan pembelajaran bahasa Arab.
Untuk memulai memberikan perhatian pada pendekatan pembelajaran itu adalah dengan berusaha menjelaskan istilah-istilah yang seringkali berkembang karena kemiripan dan dekatnya hubungan di antara masing-masing istilah yaitu: pendekatan, strategi, metode, dan tehnik pembelajaran bahasa Arab.
Untuk menjelaskan pengertian di atas maka dalam makalah yang kami paparkan adalah membahas tentang pengertian, unsur-unsur, manfaat strategi pembelajaran serta perbedaan pendekatan, strategi, metode, dan tehnik pembelajaran bahasa Arab.
Kami menyadari bahwa dalam tugas ini masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan dan jauh dari kata sempurna untuk itu tanggapan, teguran, dan kritikan serta saran yang bersifat membangun senantiasa kami harapkan dari teman-teman.atau siapapun, kami juga berharap semoga tugas ini bermanfaat.
Dan terakhir kami ucapkan tereima kasih sebanyak-banyaknya kepada bapak dosen pembimbing yang telah menyediakan waktu demi untuk mengantar dan mendampingi  kami menuju kesuksesan di masa mendatang, kami hanya bisa berdo’a semoga jerih payah yang telah bapak dosen usahakan mendapat balasan yang berlipat dari Allah SWT amin.


PEMBAHASAN


A. Pengertian Strategi Pembelajaran[1].
Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertidak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentutukan dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah di gariskan.
Strategi pembelajaran adalah cara atau seni  untuk menggunakan semua sumber belajar dalam upaya membelajarkan siswa. Dengan menggunakan strategi pembelajaran yang baik, pembelajaran akan berjalan secara maksimal sehingga  tujuan pembalajaran dapat dicapai secara optimal. Strategi pembelajaran juga dapat mempermudah proses pembelajaran. Tanpa strategi yang jelas, proses pembelajaran tidak akan terarah sehingga tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sulit tercapai dan tidak dapat berjalan secara optimal.
Kamp (1995) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efesien. Senada dengan pendapat diatas, dick dan carey (1985) juga menyebutkan bahwa strategi adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar pada siswa.
Strategi Pengajaran Bahasa Arab adalah suatu upaya untuk mengatur, memenej, mengendalikan aktivitas pengajaran berdasarkan konsep-konsep, dan prinsip-prinsip pengajaran khususnya dalam Bahasa Arab untuk mensukseskan tujuan pengajaran agar tercapai secara lebih efektif, efisien, dan produktif yang diawali dengan penentuan strategi dan perencanaan, diakhiri dengan penilaian, dan dari penilaian akan dapat dimanfaatkan sebagai Feedback (umpan balik) bagi perbaikan pengajaran lebih lanjut. Pengajaran Bahasa Arab mencakup semua kegiatan yang secara langsung dimaksudkan untuk mencapai tujuan-tujuan khusus pengajaran Bahasa Arab.

B. Unsur-unsur Strategi Pembelajaran.
Unsur-unsur yang terkait dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sama halnya dengan pembelajaran bahasa Inggris sebagaimana berikut[2]:
a. Motivasi belajar siswa.
Bahwa dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan sebab seorang yang mempunyai motivasi belajar tidak akan mungkin melakukan aktivitas selain belajar. Hal ini merupakan pertanda bahwa suatu yang akan dikerjakan itu tidak menentu kebuTuhan.
b. Bahan belajar.
Bahan belajar yang tersedia harus mendukung bagi pencapaian tujuan belajar siswa. Karena itu penggunaan bahan belajar harus efektif dan selektif disesuaikan dengan komponen-komponen lainnya.
c. Alat bantu belajar.
Dalam pembelajaran diperlukan alat bantu baik berupa audio visual ataupun papan tulis serta alat tulis lainnya yang mempengaruhi aktivitas belajar mengajar.
d. Suasana belajar.
Suasana belajar penting artinya bagi kegiatan belajar mengajar. Suasana yang menyenangkan dapat menumbuhkan kegairahan belajar, sedangkan suasana yang kacau, ramai, tak tenang dan banyak gangguan sudah tentu tidak menunjang kegiatan belajar mengajar yang efektif. Karena itu seorang guru dan siswa senantiasa dituntut agar menciptakan suasana belajar yang baik dan menyenangkan. Hal ini berarti bahwa suasana belajar turut menentukan motivasi, kegiatan, keberhasilan belajar siswa.
e. Kondisi subyek belajar.
Kondisi subyek belajar dapat dibedakan atas kondisi fisik ataupun psikis. Kondisi fisik meliputi ukuran tubuh, kekuatan tubuh, kesehatannya, aspirasinya dan harapannya. Oleh karena itu kondisi siswa perlu diperhatikan. Sedangkan kondisi psikis meliputi ketenangan siswa dan daya fokus siswa.

C. Manfaat Strategi Pembelajaran.
Bagi guru strategi pembelajaran dapat dijadikan pedoman dan acuan bertindak yang sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran. Bagi siswa, dapat mempermudah proses belajar artinya mempermudah dan mempercepat memahami isi pembelajaran, karena setiap strategi pembelajaran dirancang untuk mempermudah proses belajar siswa, diantara manfaatnya[3]:
a.       Dalam rangka pengembangan variasi mengajar yang dilakukan guru atau calon guru.
  1. Dapat memilih strategi yang tepat sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
c.       Untuk memperluas cakrawala guru atau calon guru dalam proses belajar mengajar.

D. Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Tehnik Pembelajaran Bahasa Arab.
a.       Pendekatan adalah seperangkat asumsi-asumsi yang antara satu dan lainnya saling terkait.
b.      Pendekatan adalah seperangkat asumsi berkenaan dengan hakekat bahasa dan belajar mengajar bahasa.
c.       Strategi adalah seluruh komponen pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
d.      Strategi Pengajaran Bahasa Arab adalah suatu upaya untuk mengatur, memenej, mengendalikan aktivitas pengajaran berdasarkan konsep-konsep, dan prinsip-prinsip pengajaran khususnya dalam Bahasa Arab untuk mensukseskan tujuan pengajaran agar tercapai secara lebih efektif, efisien, dan produktif yang diawali dengan penentuan strategi dan perencanaan, diakhiri dengan penilaian, dan dari penilaian akan dapat dimanfaatkan sebagai Feedback (umpan balik) bagi perbaikan pengajaran lebih lanjut.
e.       Metode adalah sistematika umum bagi pemilihan, penyusunan, serta penyajian bahasa.
f.       Metode adalah rencana menyeluruh penyajian bahasa secara sistematis berdasarkan pendekatan yang ditentukan.
g.      Tehnik adalah rencana, aturan-aturan, langkah-langkah serta sarana yang dalam praktek akan diperankan dalam proses belajar mengajar di dalam kelas guna mencapai dan merialisasikan tujuan pembelajaran.
h.      Tehnik adalah kegiatan spesifik yang diimplementasikan dalam kelas, selaras dengan metode dan pendekatan yang telah dipilih.  
            Jadi pendekatan itu adalah sesuatu yang bersifat prinsip filosofis, sedangkan metode itu adalah sesuatu yang bersifat praktis atau dengan kata lain pendekatan itu sesuatu yang abstrak, sedangkan kongkritnya adalah tercermin dalam metode[4]. Dan juga pendapat lain mengatakan pendekatan bersifat aksiomatis, metode bersifat prosedural, strategi dan tehnik bersifat operasional[5].


PENUTUP


Ø Strategi Pengajaran Bahasa Arab adalah suatu upaya untuk mengatur, memenej, mengendalikan aktivitas pengajaran berdasarkan konsep-konsep, dan prinsip-prinsip pengajaran khususnya dalam Bahasa Arab untuk mensukseskan tujuan pengajaran agar tercapai secara lebih efektif, efisien, dan produktif yang diawali dengan penentuan strategi dan perencanaan, diakhiri dengan penilaian, dan dari penilaian akan dapat dimanfaatkan sebagai Feedback (umpan balik) bagi perbaikan pengajaran lebih lanjut. Pengajaran Bahasa Arab mencakup semua kegiatan yang secara langsung dimaksudkan untuk mencapai tujuan-tujuan khusus pengajaran Bahasa Arab.
Ø Unsur-unsur Strategi Pembelajaran
a.       Motivasi belajar siswa.
b.      Bahan belajar.
c.       Alat bantu belajar.
d.      Suasana belajar.
e.       Kondisi subyek belajar.
Ø Manfaat Strategi Pembelajaran.
a.       Dalam rangka pengembangan variasi mengajar yang dilakukan guru atau calon guru.
  1. Dapat memilih strategi yang tepat sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
c.       Untuk memperluas cakrawala guru atau calon guru dalam proses belajar mengajar.
Ø Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Tehnik Pembelajaran Bahasa Arab.
a.       Pendekatan itu adalah sesuatu yang bersifat prinsip filosofis, sedangkan metode itu adalah sesuatu yang bersifat praktis atau dengan kata lain pendekatan itu sesuatu yang abstrak, sedangkan kongkritnya adalah tercermin dalam metode.
b.      Dan juga pendapat lain mengatakan pendekatan bersifat aksiomatis, metode bersifat prosedural, strategi dan tehnik bersifat operasional.


DAFTAR PUSTAKA


Ø  H. M. Abdul Hamid, M. A,  dkk,  Pembelajaran Bahasa Arab, UIN-Malang Press: Percetakan Sukses Offset Yogyakarta 2008, cet ke-1.
Ø  Effendi, Ahmad Fuad, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Misykat Malang: Percetakan Nuansa Jogjakarta, 2005, cet ke-3.
DAFTAR ISI


Daftar Isi………………………………………………………………………………………..i
Pendahuluan……………………………………………………………………………………1
Pembahasan…………………………………………………………………………………….2
a.       Pengertian Strategi Pembelajaran……………………………………………………...2
b.      Unsur-unsur Strategi Pembelajaran……………………………………………………2
c.       Manfaat Strategi Pembelajaran………………………………………………………...3
d.      Perbedaan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Tehnik Pembelajaran Bahasa Arab……4
Penutup…………………………………………………………………………………………5
Daftar Pustaka………………………………………………………………………………….6























 


[1] 1 Abdurrahman al – Qadir Ahmad, Thuruqu Ta’alim al – Lughah al – ‘Arabiyah, Maktabah al – Nahdah,
al – Mishriyah, Kaira ; 1979.
[2]http://www.google.co.id/search?q=bahasa+arab+pendekatan%2Csetrategi%2Cmetode+dan+teknik+pembelajarannya&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:id:official&client=firefox-a
[4] H. M. Abdul Hamid, M. A,  dkk,  Pembelajaran Bahasa Arab, hlm. 2-3.
[5] A. Fuad Efendi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, hlm. 6.

1 komentar: